Percepat Kecepatan Websitemu dengan 7 Tips Efektif Berikut

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Pinterest
Telegram
Sinergi | Kecepatan website, mempercepat kecepatan website, mempercepat loading website, mempercepat website

 

 

Sahabat Sinergi, pada kesempatan kali ini kita akan ersama membahas mengenai digital marketing yakni bagaimana mempercepat loading kecepatan suatu website.

Ketika mengunjungi suatu website atau online store, kita tentu akan merasa kesal dan jengkel apabila website tersebut sangat lama untuk melakukan load halaman. Hal itu tak jarang mengakibatkan banyak visitor yang malas lagi untuk berbalanja atau mengunjungi website kita yang memiliki kecepatan akses halaman sangat lama.

Untuk itu berikut tips efektif agar websitemu dapat menjadi cepat melakukan load halaman.

 

  1. Compress Gambar

14 Cara Compress Foto dengan Aplikasi, Online, dan di PC

Cara mempercepat loading website yang pertama adalah dengan mengoptimasi gambar. Kamu boleh mengunggah banyak gambar ke website namun tetap harus menjaga agar kecepatan websitemu tetap lancar.

Kamu dapat melakukan optimasi gambar dengan menggunakan file berjenis JPEG. Dibandingkan PNG, ukuran file tersebut cenderung lebih kecil.

 

Selain itu, kamu bisa melakukan kompress pada software desain ataupun pada software compress image online

 

  1. Aktifkan Caching 

How to Use Laravel Cache For Quick Load Time [New Guide]

Caching adalah proses penyimpanan data halaman website secara sementara di browser. Dengannya, browser tidak perlu berulang kali meminta data dari halaman yang diakses, kecuali cache-nya dihapus. Dengan begitu otomatis semakin sedikit resource server yang digunakan.

 

  1. Kurangi dan Hapus Plugin yang Tidak Digunakan

49+ Best WordPress Plugins in 2021 (Most are FREE)

Menghapus plugin yang tidak dipakai juga merupakan salah satu cara mempercepat loading website. Kemudahan yang diberikan plugin memang menggiurkan. Tidak jarang yang ingin menginstall berbagai macam plugin di websitenya.

 

Namun, sesuai yang dibahas di bagian penyebab website lambat tadi, jumlah plugin berpengaruh terhadap kecepatan loading. Tidak hanya plugin aktif, tapi juga yang tidak aktif.

 

  1. Gunakan Embed untuk Video

Complete Guide to Embedding Video on Your Website - Animoto

Cara mempercepat loading website yang selanjutnya adalah dengan menggunakan embed untuk video. Embedding video adalah cara untuk menyajikan video tanpa mengunggahnya di website. Kamu bisa menggunakan video yang telah diunggah ke sebuah platform. Youtube dan Vimeo.

 

Dibandingkan dengan menyimpan video di server website, cara ini jauh lebih praktis dan tidak membebani bandwidth websitemu.

 

 

  1. Gunakan CDN

Pengertian CDN, Cara Kerja dan Fungsinya - Robicomp

CDN atau content delivery network adalah jaringan server yang terletak di berbagai negara. Fungsinya untuk mengirimkan konten-konten di website ke browser pengunjung dari server terdekat.

 

Dengan menggunakan CDN, beban server website akan berkurang dan loadingnya dapat lebih cepat.

 

CDN sangat bermanfaat apabila pengunjung website datang dari berbagai belahan dunia. Pengunjung dari Amerika Serikat tetap dapat mengakses website Anda yang servernya ada di Indonesia dengan cepat.

 

  1. Selalu Update WordPress Terbaru

Salah satu penyebab website lambat yang kurang diperhatikan adalah versi WordPress. Setiap update CMS ini memberikan perbaikan performa. Oleh karena itu, cara ini juga dapat mempercepat loading website.

 

 

 

 

Demikian tips dan cara efektif dalam membuat load halaman website menjadi lebih cepat. Terus kembangkan dan perbaiki websitemu agar terlihat menarik dan bermanfaat bagi semua pengunjungnya.

 Selalu follow akun Sinergi untuk dapatkan informasi menarik terbaru lainnya.

Bagikan tips informasi ini agar semakin banyak bermanfaat bagi banyak orang.